Al Alamul Iman : Haji | Mengenal Haji Syareat dan Haji Hakikat
Assalamu'alaikum wr, wb.
Ibadah Haji dan Umroh |
Mari kita tingkatkan amal ibadah kita kedalam ibadah yang jauh lebih sempurna yaitu melaksanaka Haji Syareat dan Haji Hakikat, semoga Allah mengampuni segala kesalahan kita masa lalu, kini dan akan datang sehingga kita bisa bertemu Robb kita..aamiin.
Ibadah Haji dan Umroh |
Haji itu ada dua, haji syariat dan haji tarekat. Haji syariat ialah melakukan ibadah haji ke Baitullah dengan melaksanakan syaratsyarat dan 'rukun-rukunya, sehingga menghasilkan pahala haji. Bila ada yang kurang dari syaratnya, maka kurang pula pahala hajinya karena Allah SWT memerintahkan kita untuk menjalankan haji yang sempurna. Allah SWT berfirman,
"Sempumakanlah haji dan umrah karena Allah. "
( QS. Al-Baqarah [2]: 196)
Syarat-syarat haji syariat adalah pertama ihram, kemudian memasuki kota Makkah, lalu Tawaf Qudum, wukuf di Arafah, menginap di Muzdalifah, menyembelih hewan kurban di Mina, masuk ke Tanah Haram, tawaf keliling Ka'bah tujuh kali, minum air Zam-zam, shalat sunah tawaf di Maqam Ibrahim kekasih Allah SWT, kemudian melakukan Tahallul dari pekerjaan yang dilarang di waktu ihram seperti berburu lain-lainnya.
Pahala bagi haji syariat ini adalah selamat dari neraka dan aman dari siksa Allah. Allah SWT,
"Orang yang masuk ke Baitul/ah (beribadah haji), maka ia akan aman." (QS. Ali 'Imran [3]: 97)
Selanjutnya, melakukan tawaf wada' dan kembali ke negerinya
masing-masing. Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemampuan untuk melaksanakannya.
Mengenai penjelasan haji tarekat maka bekal dan kendaraannya adalah kecenderungan kalbu kepada ahli talqin, lalu mengambil talqin darinya. Selanjutnya, me-mulazamah-kan dzikir dengan lisan serta menghayati maknanya-yang dimaksud dengan dzikir di sini ialah mengucapkan kalimat La Ilaha Illallah dengan lisan-hingga hatinya hidup. Selanjutnya, menyibukkan diri dengan berdzikir kepada Allah SWT dalam batin, hingga hatinya menjadi bersih.
Tata cara dzikir tersebut adalah pertama-tama dengan memulazamah-kan Asma Ash-Shifat (nama-nama sifat Allah). Tujuannya adalah agar muncul dengan cahaya-cahaya Asma Ash-Shifat muncul Ka'bah Sirri. Sebagaimana perintah Allah SWT pertama kali kepada Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail untuk membersihkan Ka'bah. Dia berfirman,
"Agar engkau berdua membersihkan rumah-Ku bagi orang-orang yang datang bertawaf"
(QS. Al-Baqarah [2]: 125)
Ka'bah lahiriah ini dibersihkan bagi orang-orang yang bertawaf dari kalangan makhluk. Sedangkan, Ka'bah batiniah (Ka'bah Sirri) dibersihkan dari semua hal selain Allah SWT agar dapat melihat-Nya.
Selanjutnya, memakai pakaian ihram dari cahaya Ruh Al-Qudsi kemudian masuk ke dalam Ka'bah Hati. Lalu, tawaf qudum dengan me-mulazamah-kan nama yang kedua, yaitu lafadz jalalah, "Allah."
Selanjutnya, berangkat ke Arafah Kalbu sebagai tempatnya munajat. Di sana, lantas wukuf dengan me-mulazamah-kan nama yang ketiga, yaitu "Huwa" (Dia, Allah); dan nama yang keempat, yaitu "AI-Haqqu" (Yang Maha Benar).
Selanjutnya, berangkat ke Muzdalifah AI-Fu'ad dengan memulazamah-kan sifat kelima dan keenam, yaitu "Al-Hayyu" (Yang Maha Hidup), dan "AI-Qayyumu" (Yang Ada dengan Sendirinya). Lalu, berangkat ke Mina Sirri (rasa) yang terletak antara dua Haram (dua daerah), lalu wukuf di sana.
Selanjutnya, menyembelih nafsu muthma'innah dengan memullazamah-kan nama yang ketujuh, yaitu "AI-Qahhar" (Yang Maha Memaksa) karena "AI-Qahhar" adalah "ismul fana'" (nama peleburan) yang mengangkat hijabul kufri (penghalang yang bernama kekufuran). Sebagaimana sabda Nabi SAW,
“Kufur dan Iman adalah dua tempat di belakang 'Arasy. Keduaduanya merupakan penghalang antara hamba dengan Tuhannya. Salah satu hitam dan yang lainnya putih. "
Selanjutnya, memotong rambut sifat basyariyah (kesenangan manusiawi) dari kepala Ruh Al-Qudsi dengan menggunakan Asma Allah yang kedelapan (AI-Wahhab).
Selanjutnya, masuk ke Haram Sirri dengan me-muldzamah-kan Asma Allah yang kesembilan (Al-Fattah) hingga sampailah pada tempat dimana ia bisa melihat orang-orang yang sedang beriktikaf di hamparan Alam Al-Qurbah. Dan, di sana ia bermesraan (unsiyah) dengan me-muldzamah-kan Asma Allah yang kesepuluh (Al-Wahid). Lalu, ia melihat keindahan Allah yang Maha Suci dan Maha Agung tanpa bisa ditanyakan kondisinya bagaimana? Dan tidak dapat pula diumpamakan.
Selanjutnya, melakukan tawaf batin tujuh putaran dengan me mulazamah-kan nama yang kesebelas (Al-Ahad). Nama yang kesebelas ini disertai dengan enam nama-nama cabang dan selanjutnya meminum minuman batin dari tangan AI-Qudrah. Allah SWT berfirman,
"Tuhan memberikan kepada mereka minuman yang bersih (dan suci)."
(QS. Al-Insan [76]: 21)
Ibadah Haji dan Umroh |
Selanjutnya bertahallul dari yang diharamkan Allah SWT. Artinya, menukar sifat buruk dengan sifat yang baik dengan selalu mengulang-ulang Asma Tauhid. Ini sesuai firman Allah,
"Kecuali orang-orangyang bertobat dan beriman dan mengerjakan kebajikan; maka kejahatan mereka diganti Allah dengan kebaikan."
(QS. AI-Furqin [25]: 70)
Lalu, melepaskan diri dari melakukan perbuatan yang bersifat hawa nafsu. se~elah itu, seseorang tidak akan merasa khawatir dan bersedih hati.. Sebagaimana diisyaratkan dalam firman Allah SWT,
"Ingatlahsamgguhnya wa/i-wa/iAllah itu tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak pula mereka bersedih hati."
(QS. YUnus [10]: 62)
Semoga Allah SWT menganugerahkan kita kemampuan untuk mendapatkannya dengan keutamaan-Nya dan kasih sayang serta kemuliaan-Nya.
Selanjutnya, melaksanakan Tawaf Shadri dengan mengulang-ulang seluruh asma tauhid. Lalu, pulang ke Negeri Asal masing-masing, yang ada di Alam Al-Qudsi dalam rupa yang sebaik-baiknya dengan me-muldzamah-kan asma Allah SWT yang kedua belas. Nama yang kedua belas ini sangat berkaitan dengan Alam AI- Yaqin.
Ini adalahtakwil yang beredar di sekitar lisan dan akal saja, Adapun hal-hal lain yang ada di balik itu, tidak akan dapat diberitakan karena tidak akan terkejar oleh pemahaman, kalbu dan tidak akan dapat dibahas. Sebagaimana sabda Nabi SAW,
"Di antara ilmu itu ada yang seperti mutiara di dalam kerang, hanya ulama-ulama khusus yang mengetahuinya. Jika mereka membicarakannya, tidak akan ada yang mengingkarinya kecuali orang yang tidak tahu."
(HR. Ad-Dailami)
Seorang ahli makrifat hanya akan menyampaikan hal-hal yang lebih rendah dari yang disebutkan tadi. Sedangkan, orang alim akan berbicara lebih tinggi dari yang dibicarakan tadi, karena ilmu ahli makrifat adalah sirrullah. Selain Allah SWT, tidak ada yang mengetahuinya. Ini yang dimaksud dalam firman Allah SWT,
"Dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya."
(QS. Al-Baqarah [2]: 255)
Maksud yang dikehendaki pada ayat di atas adalah para nabi
dan para wali. Dan, Allah SWT berfirman,
"Dia mengetahui rahasia dan yang lebih tersembunyi. (Dialah) Allah, tidak ada tuhan selain Dia, yang mempunyai nama-nama yang terbaik."
(QS. Thaha [20]: 7-S)
Wassalamu'alaikum wr, wb.
Baca Juga
Baca Juga
- Thoharoh (bersuci ) Syareat dan Hakikat
- Shalat Syareat dan Hakikat
- Zakat Syaeat dan Hakikat
- Puasa Syareat dan Hakikat
- Haji Syareat dan Hakikat
Sumber : Ustadz Aang | Kitab Sirrur Ashror ( Tuan Syekh Abdul Qodir Zailani ra)